TAROT: PAST, FUTURE & LIFE --- melihat kehidupan masa lalu, sekarang, dan perspektif masa depan.

Posted by Hisyam Journal Tuesday, June 19, 2012 0 comments

Saya telah lama menggeluti ilmu tarot dan hipnosis sebagai bagian dari ketertarikan saya terhadap eksplorasi seni bawah sadar. Bahkan, beberapa tahun terakhir saya masuk ke wilayah yang lebih profesional dan mulai banyak menulis tentang dua bidang ilmu ini—yang masih disikapi secara empiris oleh sebagian masyarakat karena minimnya pemahaman mereka mengenai tarot dan hipnosis.

Dari berbagai literatur dan informasi yang ada, beberapa lebih kepada topik bagaimana penulis berharap Anda menggunakan informasi yang dijelaskan untuk membangun hubungan Anda sendiri dan menciptakan kehidupan yang bisa berubah sesuai dengan pilihan Anda. Bukan berarti penguraian tentang studi tarot dan hipnosis, seperti pemahaman metafisika, eksplorasi pikiran, serta penelitian historis dan aplikasinya, tak berharga dan tak layak digunakan. Saya merasa bahwa banyak literatur menjelaskan topik yang bisa digunakan untuk orang lain, sementara ada bagian yang kaya untuk dieksperimentasikan dan dipraktikkan bagi kepentingan diri sendiri. Sekarang sudah waktunya kita keluar dari pola tersebut dan berbagi pengalaman karena suatu hari nanti kita akan bisa menemukan gambaran kehidupan yang kita ketahui dan alami saat ini, yang mengungkapkan kebutuhan diri sendiri.

Dalam berbagai praktik konseling tarot, saya sering membuat jurnal atau salinan konsultasi yang setiap saat bisa ditambahkan. Bagi saya dan klien, rekapan tersebut merupakan catatan penting yang bisa menjadi wawasan tersendiri mengenai pertumbuhan, perkembangan, dan pemahaman baru, serta dapat mengevaluasi kembali apa yang ditulis dalam jurnal saya.

Dengan demikian, tarot merupakan sebuah keterampilan menganalisis simbol orang lain maupun diri sendiri karena, bagi diri sendiri, tarot menjadi sarana untuk memperoleh pengetahuan dan menerapkannya dalam kehidupan selanjutnya, bukan untuk menjelaskan dan memvonis keadaan yang seharusnya dijalankan. Bagaimanapun, Tuhan telah menentukan takdir kita yang sesungguhnya memiliki hubungan sebab-akibat dengan kehidupan terdahulu, sehingga kita bisa memolakan hidup kita untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik pada masa mendatang.

Tarot mengarah pada aktivitas eksplorasi yang lebih besar dengan memeriksa potensi masa lalu, sekarang, dan perspektif masa depan. Kita akan belajar lebih efektif untuk menangani masalah-masalah kita sendiri, belajar mengenali pilihan kita, dan belajar memperjelas tujuan kita. Oleh karena itu, untuk memulai penjelasan mengenai pengetahuan ini, saya mengawali dengan pencatatan sebuah tebaran kartu tarot dan melihat kehidupan pada masa lalu, karena saya percaya bahwa kehidupan masa lalu menentukan kehidupan kita saat ini. Dengan demikian, kehidupan yang akan datang tentu akan ditentukan oleh sikap serta situasi kita sekarang. Kita pun akan mengeksplorasi aspek-aspek diri sendiri, efek tindakan kita dalam pekerjaan sebelumnya, serta hubungan atau pikiran kita pada masa lalu.

Kita memang tidak mungkin menyejajarkan pengalaman para tokoh yang bernasib baik, kisah para nabi, maupun tokoh legendaris masa lalu dengan pengalaman kita. Namun, tokoh-tokoh tersebut dapat berfungsi sebagai gambaran kepribadian dan kecenderungan. Mereka menunjukkan kompleks psikologis dan dinamika kepribadian. Kita tidak mungkin mengenali kepribadian mereka dalam diri kita sendiri. Namun, kehidupan masa lalu mereka bisa menggambarkan misteri dan bertolak belakang dengan kepribadian kita karena pada dasarnya sulir menggambarkan pola hubungan untuk dilihat dengan jelas di tengah-tengah dinamika kepribadian diri sendiri. Dengan kata lain, mereka adalah mereka dan saya adalah diri saya sendiri, sekalipun mereka sangat terkenal. Setiap tindakan tentu memiliki konsekuensi sebagai bagian dari perjalanan hidup yang akan membentuk karakter kita. Inilah yang dikatakan psikolog Carl Gustav Jung, kita tidak akan menghadapi diri sendiri, tetapi kita bertemu dengan nasib kita.

Beberapa pertanyaan yang sering muncul dalam benak saya ketika mencoba melihat masa lalu dengan tarot adalah bagaimana pengetahuan tentang kehidupan masa lalu bermanfaat bagi kehidupan kita sekarang? Bagaimana kita bisa menyelesaikan masalah pada masa lalu dengan cara terbaik melalui tarot? Atau sebuah pertanyaan kontroversial, apakah kehidupan kita terkait dengan hukum karma dari nenek moyang kita? Oleh karena itu, kita akan mencoba menelusuri jejak dan literatur yang memungkinkan kita mengeksplorasi pikiran bawah sadar dan berbagai dinamikanya untuk mengungkapkan hal-hal yang terjadi pada masa lalu. Hanya tarotlah yang memungkinkan kita melakukan hal ini.

Tidak hanya itu, ketertarikan saya pada dunia hipnosis tetap menjadi prioritas utama dalam mengeksplorasi pikiran bawah sadar. Ya, memang terdapat metode hipnosis untuk merangsang pikiran bawah sadar melalui pintu belakang yang dapat mengelakkan nilai-nilai moral, bahkan juga menyingkap sebuah rahasia. Namun, teknik hipnosis untuk menjelajahi kehidupan masa lalu yang saya coba tuangkan dalam buku ini merupakan teknik yang langsung menuju sasaran, artinya, fokus pada satu masalah pribadi dan tidak akan melibatkan proses hipnosis universal yang berlaku pada orang lain.

Buku ini menawarkan cara lain untuk mengeksplorasi pikiran bawah sadar yang berhubungan dengan kehidupan kita pada masa lalu, sekarang, dan menjadikan masa depan lebih baik. Buku ini pun menyediakan alat serta cara untuk memulai proses penyembuhan sekaligus pemecahan masalah melalui tarot dan hipnosis diri sendiri.


Hisyam A Fachri
0813 28 707876


0 comments:

Post a Comment

Event

Arsip Blog

Popular Posts