TAROT = Psychology of Art = Psychology as a Pseudoscience

Posted by Hisyam Journal Sunday, October 7, 2012 0 comments
Ketika mendengar TAROT PSIKOLOGI pastilah kita berasumsi bahwa tarot adalah bagian dari psikologi dan diklaim sebagaisains yang ilmiah, bahkan ada pihak tertentu yang mengatakan bahwa ilmu Psikologi memiliki ‘mashab’ atau aliran khusus yang disebut dengan Tarot, (padahal kita mengenal Behavioristik,PsikoanalisaHumanistik,  Transpersonal dan Positif.) ....Nah, lho.....? Pernyataan inilah yang mengundang pro-kontra bagi mereka yang perduli terhadap kajian tarot.

Sebagai seorang praktisi dan akedemisi tentu saya memiliki sikap skeptis ketika  akan memulai kajian-kajian terhadap Tarot (tentunya dilihat dari sudut pandang psikologi....). dan memang masih banyak orang yang menganggap Tarot sebagai hal yang mistik atau berkaitan dengan supranatural dan seringkali orang mengkaitkan Tarot dengan meramal masa depan. Disamping itu tidak sedikit pula orang yang menganggap Tarot sebagai hal yang tidak ilmiah, hanya permainan, tidak bisa dipercaya dan cuma kebetulan saja. Jadi, tidak salah ketika ada pertanyaan : “apakah tarot benar-benar ilmu psikologi yang ilmiah?”

Betulkah demikian ??? 

Sejauh pengamatan saya memang ada beberapa praktisi tarot yang menggunakan tarot sebagai sarana untuk meramal masa depan (dalam arti divinasi) atau bahkan meramal dalam artian fortune telling yaitu yang meyakini bahwa apapun yang terlihat dalam kartu tarot adalah sesuatu yang pasti terjadi dan tidak bisa diikhtiarkan untuk berubah. Namun saya berpendapat lain bahwa sebenarnya dengan kartu tarot kita mampu melihat dinamika ketidaksadaran (subconscious atau unconscious? ) seseorang, bukan pada fungsi meramalnya yang masih diragukan dan bukan juga mengilmiahkan tarot ke dalam ilmu sains.

Apa benar demikian?

 Catatan Allison Shank dari Washington University, kartu tarot terus memiliki arti tersembunyi terutama ketika digunakan oleh orang-orang sebagai cara untuk mengetahui sebuah perspektif  tentang hubungan sebab akibat di masa depannya.

Menurutnya, tarot tidak hanya mengisyaratkan pada apa yang mungkin terjadi, tarot juga diyakini bisa membuka keinginan tersembunyi dan mengungkapkan pikiran bawah sadar individu, sesuai dengan kaidah – kaidah baku dalam kerangka untuk pencerahan diri,  konsultasi atau terapi bagi klien. Namun, tarot juga menyediakan kebijaksanaan dan bimbingan dalam bidang rohani.

Ia menambahkan bahwa metode utama untuk memperoleh informasi dari kartu tarot adalah melaluiinterpretasi kartu dan simbol-simbol, karena setiap kartu memiliki arti yang unik dan masing-masing kartu mewakili sesuatu, terutama dalam kehidupan.

Adalah salah satu teori psikologi klasik, yaitu teori Psikologi Analitik milik Carl Gustav Jung(1875-1982) yang disusun lebih dari setengah abad yang lalu. Pada awalnya CG. Jung adalah pengikut setia dari Sigmund Freud (1856-1939) seorang tokoh psikoanalisa legendaris. Beberapa konsep utamanya adalah tentang archetypecollective unconsciousness, persona, anima-animus, dan tentu saja simbolisasi sehingga konsep dasar Jung inipun diadopsi ke dalam alat tes kepribadian MBTI (Myers-Briggs Type Indicator).

Carl Gustav Jung, mengatakan  bahwa kita (manusia) hidup dalam dunia yang penuh dengan simbol-simbol. Dan simbol ini menjelaskan kepada kita tentang sebuah hubungan baik kepada orang lain atau hubungan kita dengan alam semesta. Simbol-simbol ini, menjadi esensi murni dari sifat primordialyang benar-benar nyata. Seperti ketika sebuah cahaya memantulkan bayangan di dinding, kita tahu bahwa itu hanyalah sebuah bayangan, namun di balik itu adalah sebuah bentuk yang kekal dan selalu begitu.

Hal inilah telah dikandung dari bawah sadar kolektif dimana terdiri dari bentuk-bentuk yang abadi, dan merupakan naluri dari warisan semua umat manusia dan sadar kolektif ini memberikan arti simbol itu sendiri berupa harapan dan hubungan yang nyata.

Dengan demikian Ketidaksadaran kolektif menurut Jung adalah sebuah naluri bawaan dari kemanusiaan. ".....Personal sadar terletak pada lapisan yang lebih dalam, yang tidak berasal dari pengalaman pribadi dan bukan merupakan akuisisi pribadi tetapi terbawa sejak lahir. Saya sebut ini sadar kolektif. Aku telah memilih istilah "kolektif "karena ini bagian dari bawah sadar ini bukan individual tetapi universal; berbeda dengan jiwa personal isi dan mode perilaku yang kurang lebih sama di mana-mana dan dalam semua individu, dengan kata lain, identik pada semua manusia dan dengan demikian merupakan substrat psikis umum dari. suprapersonal alam yang hadir dalam setiap satu dari kami. " kata CG. Jung.

CG.Jung sangat perhatian dalam mendefinisikan  archetype ini. Sebagai psikolog, ia berusaha untuk memahami peran bentuk-bentuk permainan dalam kesadaran kita. Dia memiliki pengetahuan yang tak habis-habisnya dari sumber mitologi dan mencari hubungan dari pengetahuan yang bersifat tradisional. Melalui penelitian ini ia menemukan beberapa tema utama yang dituangkan dalam bukunya "The Archetypes and the Collective Unconscious", ia menguraikan sebuah penemuan tema terpenting dan fenomenal yaitu Shadow, Trickster, Anima, Animus, Great Mother, Wise Old Man, Child, Transformation, Mandala and individuation of Self dll.  

Dengan menggunakan prinsip sinkronitas untuk mengaitkan arti gambar tarot dengan kehidupan klien. Maka seorang pewacana (atau apalah sebutannya.....) akan menginterpretasikan gambar kartu tarot yang muncul selama pembacaan, menjadi representasi perilaku dari kliennya. Nah, dalam proses pengambilannyalah yang mungkin sebagian orang berasumsi telah menggunakan kekuatan supranatural, padahal proses bawah sadar melalui intuisinyalah yang menuntun pengambilan kartu dalam keadaan tertutup, sehingga kita bisa mengasumsikan menjadi sebuah teori  “kebetulan yang bukan kebetulan”.

Walau  teori-teori psikologi modern sudah banyak berkembang dan CG. Jung pun sudah lama meninggal, telah banyak penelitian-penelitian fundamental terbaru yang dipublikasikan pada jurnal-jurnal internasional. Lalu, masihkah teori psikologi klasik tersebut relevan dengan psikologi modern ?. kita tahu bahwa Sains modern sangat kental dengan paham positivisme Auguste Comte (1798-1857). Singkatnya filsuf tersebut menyebut positivisme sebagai sebuah epistemologi yang semata-mata menggunakan pengalaman inderawi sebagai sarana untuk mencapai pengetahuan. Jelasnya bahwa psikologi modern sangat kental dengan syarat ‘pembuktian empiris’ yang didasari padapanca indra.

Maka tidak heran kita menanyakan bukti empiris dari tarot. Apakah pengukuran atau assesmentkepribadian dengan media kartu tarot reliabel, valid, dan objektif sesuai kaidah psikologi sebagai ilmu modern?. Mana pembuktiannya ?, mana data risetnya ?. Atau jika hanya digunakan sebagai mediaassesment, apakah sudah teruji efektifitasnya?

Nah, sampai disini jelaslah bila saya kurang sepakat jika tarot dikatakan sebagai ilmu psikologi yang ilmiah. Karena perlu diingat faktor modernisasi ilmu definitif dan tuntutan adanya pembuktian melalui serangkaian penelitian selalu bermetodologi empiris, sehingga mampu menemukan variable-variablel yang memungkinkinkan untuk sebuah ilmu pengetahuan yang bersifat sains. Sama halnya ketika seorang Guru Besar Fakultas Psikologi UI, Sarlito Wirawan mengatakan bahwa  Tarot adalah ilmu semu dalam Psikologi, namun bisa dilihat sebagai alternatif sarana media konseling dalam Psikologi.

So, jadi Tarot itu sebagai bagian psikologi atau bukan ?

Bila kajian tarot ditinjau dari pendekatan ilmu psikologi, tentunya saya menyetujuinya, karena kita bisa berharap dari “permainan” tarot mendapatkan tool yang baik untuk sebuah konseling kepribadian. Tetapi bila Tarot merupakan bagian dari ilmu Psikologi, nanti dulu !. Diperlukan kajian-kajian lebih mendalam seperti halnya CG Jung pernah melakukannya, sayangnya ia sudah tiada.

Dengan demikian saya ini lebih pas mengatakan bahwa tarot sebagai pseudoscience psychology,atau ilmu pengetahuan/sains yang masih setengah-setengah. Sama halnya dengan kritikan para ilmuan psikologi modern terhadap teori psikologi klasik yang miskin pembuktian empirisnya. Walaupun pemikiran ilmuan-ilmuan psikologi klasik tersebut tetap memberikan influence yang luar biasa bagi berkembangnya psikologi sekarang.

Jadi, menurut pemahaman saya, untuk saat ini permainan tarot lebih ke arah seni psikologi atautarot yang bisa ditinjau dari sudut pandang psikologi dan bukan dari psikologi ilmiah apa lagi mengatakan bahwa tarot adalah sebuah aliran dari Psikologi, hingga kita mampu mempresentasikan pembuktian dari kajian-kajian tarot secara ilmiah dengan pengetahuan psikologi modern, seperti yg saya lakukan saat ini.

 Semoga catatan ini bisa memberikan kontribusi yang positif terhadap Seni Permainan Tarot, sebuah tinjauan dari ilmu Psikologi. Terima kasih tuk Aang Djemba atas inspirasinya


Hisyam A Fachri
Mind Therapist Psychology, Trainer,  Pencipta Tarot Nusantara, Pemecah Rekor MURI, penulis buku TAROT PSIKOLOGI dan terapan hipnosis 

0 comments:

Post a Comment

Event

Arsip Blog

Popular Posts